Login Pengguna

Username
Password
Agenda
Jumlah Alumni
29321 orang
Perusahaan Mitra
1

SEJARAH

Career Development Centre

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH

YOGYAKARTA

 

Pendirian CDC  UMY  pertama kali dicetuskan tanggal 13 April 2005, dan secara resmi di launcing dilauncing pada tanggal 20 Agustus 2005. Selaras dengan visi UMY, CDC mempunyai visi  : ”Menjadi Pusat pengembangan yang mampu membentuk kematangan emosional, spiritual dan intelektual bagi mahasiswa dan lulusan UMY dalam memasuki dunia kerja”. Visi ini dijabarkan lebih lanjut dalam misi : ”Membangun karakter mahasiswa dan lulusan yang berkualitas tinggi, dan memiliki kemampuan mengatasi tantangan di era globalisasi, dan memiliki landasan moral yang didasari nilai-nilai Islam”.

Secara umum, upaya pencapaian visi dan penerapan misi CDC diwujudkan dengan upaya sebagai berikut :

  1. Membangun dan mengembangkan profesionalisme calon lulusan sebelum terjun ke dunia kerja.
  2. Meningkatkan kualitas daya saing  lulusan dalam pasar kerja.
  3. Memfasilitasi profesional muda dalam hal menemukan karir di dunia kerja.
  4. Memfasilitasi pengguna lulusan untuk mendapatkan tenaga kerja profesional.

Adapun CDC memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Membentuk mahasiswa dan alumni bersikap profesional dan berkepribadian saleh sebelum terjun ke dunia kerja.
  2. Menghasilkan mahasiswa dan alumni yang mandiri dan memiliki kompetensi dalam persaingan dunia kerja.
  3. Berperan aktif dalam pembangunan bangsa indonesia

Untuk lebih efektif dan produktif dalam pendiriannya, CDC  mengangkat seorang staf melalui proses seleksi Psikotes dan Wawancara yang diikuti oleh 28 orang calon yang berasal dari mahasiswa  dan alumni UMY. Tepatnya tanggal 1 Mei 2005 diangkatlah seorang staf CDC, yang pada awalnya sebagai front office sekaligus merangkap pendataan lowongan kerjaan. Melalui persiapan yang panjang mulai dari studi banding dan konsultasi dengan beberapa orang yang ahli dibidang pengelolaan CDC, maka pada tanggal 20 Agustus 2005 CDC resmi di launching dan pada saat itu ditandatangi MOU kerjasama dengan  Bidang Pengembangan Keprofesian dan Kompetensi Intitut Teknologi Bandung.

Dalam fungsinya sebagai pihak fasilitator antara perguruan tinggi dengan dunia kerja,  CDC memfasilitasi pengembangan jiwa kewirausahaan melalui berbagai program kegiatan dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi mahasiswa dan alumni. Jiwa kewirausahaan akan membantu seseorang pekerja untuk selalu berorientasi pada solusi bukan masalah.

Beberapa program diantaranya yaitu.

  1. Meningkatkan profesionalisme mahasiswa dan alumni melalui berbagai program pelatihan ketrampilan
  2. Membantu alumni menentukan dan menemukan karir, baik sebagai pegawai, pekerja lepas ataupun wirausaha,
  3. Menjadi salah satu pintu yang menfasilitasi interaksi antara dunia penyedia kerja dengan perguruan tinggi melalui program rekrutmen komprehensif yang terdiri atas pelatihan berjenjang, kuliah kerja lapangan, magang dan tugas akhir, dan program rekrutmen langsung.

CDC diharapkan akan menjadi salah satu alat untuk membuat masyarakat percaya bahwa UMY tidak sekedar melahirkan mahasiswa dan alumni yang cerdas, namun juga melahirkan alumni yang siap dalam menghadapi kompetisi dunia kerja, kemudahan mendapatkan lowongan pekerjaan dan mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan menerapkan nilai-nilai Islam. Masyarakat akan mempunyai pengharapan ketika mereka akan memasukkan anak-anak mereka untuk menimba ilmu di UMY. Sehingga nantinya UMY merupakan salah satu dari perguruan tinggi yang meluluskan orang-orang yang siap pakai dalam menghadapi kompetisi global ini. 

CDC UMY merupakan jembatan antara UMY dengan penggunan lulusan. Adapun tugasnya adalah mengkomunikasikan data lulusan ke perusahaan, menyebarkan informasi lowongan pekerjaan ke lulusan dengan berbagai media komunikasi, dan bekerjasama dengan perusahaan untuk melakukan rekruitmen di kampus dan pelatihan bagi mahasiswa dan lulusan.

Untuk meningkatkan kesiapan diri (mental) dan kualitas mahasiswa untuk menghadapi tantangan dan persiapan dunia kerja, CDC menyelenggarakan pelatihan-pelatihan diantaranya pelatihan managemen diri (AMT), pelatihan smart spiritual quetient (SSQ), pelatihan komunikasi efektif, pelatihan problem solving, decision making, pelatihan/outbond kohesifitas personal dan kekuatan sinergi, pelatihan job hunting (membuat surat lamaran dan curriculum vitae (CV), menghadapi psikotes dan wawancara kerja).